10 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kuliah Di UNISSULA


Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini

        Masa-masa kuliah S1 adalah masa-masa yang paling penuh dengan kenangan bagi sebagian orang. Naksir senior waktu ospek, melarat di kos gara-gara belum dapat kiriman dari emak, nongki-nongki gaul sama temen di jam kosong kuliah, ikut organisasi, jadi panitia acara, bolos kuliah, ketemu jodoh, dapat dosbing killer, cinta lokasi waktu KKN, skripsi, dan tentunya masih banyak lagi.
Serba-serbi cerita masa kuliah memang menyimpan banyak kenangan sehingga tak jarang setelah lulus kuliah banyak hal yang dirindukan. Beda kampus beda cerita. Yang pernah kuliah di UNISSULA pasti paham dengan 10 hal di bawah ini. Let’s check this out.

1. Pekan Ta’aruf, sepekan ta’arufan dengan dunia kampus.

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini

        
        Kegiatan pertama sebagai mahasiswa baru (maba) adalah mengikuti Pekan Ta’aruf. Sebagian besar agenda-agendanya diadakan di masjid kampus UNISSULA yaitu Masjid Abu Bakar Assegaf. Kamu tentu masih ingat betapa ramainya suasana saat itu. Ribuan maba memenuhi satu masjid. Saking penuhnya kamu harus bertahan dengan kaki bersila sampai acara selesai. Perjuangan tidak sampai disitu saja. Justru saat bubar acara dan keluar masjid disitulah momen intinya. Yang sepatunya nggak dimasukin tas. Wassalam ikhlasin aja sepatunya haha...

2. Fakultair. Inilah ospek yang sesungguhnya


     
        Fakultair adalah ospek fakultas. Kalau di Pekan Ta’aruf cuma duduk dan mendengarkan presentasi, di fakultair kamu merasakan apa ospek itu sebenarnya. Kakak-kakak waljam yang kalem-kalem mendadak jadi jutek. Tugasnya naudzubillah ampun kakak.
Setiap fakultas punya tradisi sendiri-sendiri. Termasuk Fakultas Kedokteran yang punya tradisi maba harus memberi salam setiap bertemu dengan senior selama periode waktu tertentu.
“Assalamu’alaikum Kak”.
“Wa’alaikumsalam Dek”.
Sejukkkkkkkkkkk

3. Kantin PUMANISA, tempat jajan plus plus

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Awal-awal kamu jajan di sini kamu pasti sering bingung mau makan sama apa. Ada nasi goreng, mie ayam, bakso, ayam geprek, nasi rames, soto ceker, soto kudus, soto surabaya, siomay, tahu gimbal, penyetan, ayam filet, iga bakar, pecel, kwetiau, capcay goreng, capcay rebus, nasi padang, ayam gongso, dll. Bahkan makan sama milih makanan lebih lama milih makanannya.
Nah, kalau makan di sini ada poin plusnya. Buat kamu yang diam-diam naksir mahasiswa fakultas lain bisa ketemu si doi di sini. Dari tempat ini kamu bisa tahu makanan kesukaannya, teman-temannya, baju yang biasa di pakai, dan kebiasaan-kebiasaan doi lainnya. Hmmmmm senangnya.

4. Cintaku bersemi di Masjid ABA

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Di hari Jum’at semua umat muslim melaksanakan sholat Jum’at. Buat kamu mahasiswi yang lagi jatuh cinta pasti pernah ngintipin doi yang lagi sholat Jum’at dari lantai 2 Masjid ABA. Dan percakapan seperti ini yang biasanya terjadi antara kamu dan teman-temanmu.
“Say itu si Anu di sana”.

5. Genuk Indah dan Kaligawe, dua area kos mahasiswa. Punyamu yang mana?

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Kaligawe dan Genuk Indah adalah dua area kos favorit mahasiswa UNISSULA. Biasanya yang ngekos di Genuk Indah kalau anaknya nggak bermotor ya bermobil karena nggak ada angkutan umum dari sini menuju kampus. Nah, sedangkan yang ngekos di Kaligawe kebanyakan berangkot. Cukup membayar dengan uang 2000 bapak supir siap mengantarmu ke kampus UNISSULA.

6. Rob dan sandal jepit sakti

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Mahasiswa UNISSULA pasti sudah akrab dengan yang namanya Rob. Rob adalah naiknya permukaan air laut atau banjir air laut. Saat air rob datang dan menggenangi jalanan di sekitar kosmu, kamu tak punya pilihan lain selain menerjang halangan tersebut untuk pergi ke kampus, beli makanan, dll. Kalau sudah begini sandal jepit adalah benda sakti yang wajib kamu miliki. Parahnya air rob bisa masuk ke dalam rumah jika lantai rumah sama rata, lebih rendah, atau lebih tinggi sedikit dengan jalan. Haiyooo siapa yang kosnya pernah kebanjiran.

7. Indahnya panorama Kota Semarang dan          Laut Jawa dari gedung kuliah bersama.

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Dari gedung kuliah bersama terdapat panorama indah yang bisa dinikmati dari lantai 6, 7, 8, 9, dan 10. Disebelah utara terdapat pemandangan Laut Jawa. Bahkan kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas pun bisa terlihat dari sini. Di sebelah selatan terdapat pemandangan Kota Semarang. Bahkan Gunung Ungaran pun bisa terlihat dari sini. Wah yang kayak gini nih yang bikin betah di kampusKuliah berasa muncak.

8. Stereotype setiap fakultas.

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, cakep-cakep, bersih, dan yang ke kampus suka pakai mobil. Fakultas Psikologi, ceweknya cakep-cakep. Fakultas Ilmu Keperawatan, putih-putih (seragamnya). Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, rapi-rapi. Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi, suka pergi keluar negeri. Fakultas Agama Islam, anak pesantren. Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi, elit dan nyentrik. Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Industri, banyak mas-mas.

9. Dihadang motivator BUDAI

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini


        Siapa yang pernah dihadang sama motivator BUDAI? Mau pulang ke kos pas adzan dhuhur eh dihadang sama pasukan motivator BUDAI. Ayo Mas Mbak sholat berjama’ah dulu.

10. Spot foto yang instagramable.

Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini

        Ada banyak spot-spot menarik di UNISSULA yang biasa digunakan sebagai lokasi berfoto. Beberapa yang paling favorit adalah gedung kuliah bersama, gedung Fakultas Kedoktera Gigi, danau sebelah Fakultas Ekonomi, belakang gedung asrama, perpustakaan pusat lantai 2, dan taman perpustakaan pusat. Kamu pasti pernah kan foto-foto di tempat-tempat ini. 
Kesepuluh hal di atas adalah bagian kecil dari cerita semasa kuliah di UNISSULA. Ada tempat ada cerita. Karena kuliah di tempat yang sama kita punya cerita-cerita yang sama. Semoga kesepuluh hal tadi bisa mewakili cerita sebagian besar dari mahasiswa maupun mantan mahasiswa UNISSULA.  










(Sumber:https://life.idntimes.com/education/asma-aini/kuliah-di-unissula-semarang-c1c2/full)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Sipil jurusan kuliah paling sulit dan melelahkan

Jurusan Teknik Sipil Belajarnya Apa Aja Sih? Ini Jawabannya