Teknik Sipil jurusan kuliah paling sulit dan melelahkan

Teknik Sipil Jurusan Kuliah Paling Sulit dan Melelahkan


Sudah sekitar 2 semester lebih aku kuliah di Teknik Sipil, selama itu juga aku merasakan kalau kuliah di Teknik Sipil itu benar-benar melelahkan dan menyita banyak waktu. Stress berat dan tertekan sudah menjadi hal yang wajar dan sering aku alami. Mungkin tidak pernah atau jarang sekali aku merasa senang bisa kuliah di jurusan ’penderitaan’ ini.
Penyebab mengapa aku benci jurusan ini adalah satu yaitu tugas kuliahnya yang sangat banyak. Tugas kuliah di jurusan teknik sipil sangat berbeda dibanding tugas dari jurusan lain yang diluar Teknik, seperti Ilmu sosial, Ekonomi, Bahasa, Matematika, Fisika, apalagi Ilmu hukum dan dan Keolahragaan yang sepertinya tidak ada tugas kuliah yang berarti, palingan tugas buat makalah, kecil.
Di dalam Fakultas Teknik pun teknik sipil masih menjadi jurusan kuliah paling sulit. Teknik mesin menurutku juga lumayan sulit tapi melihat tugasnya yang tidak terlalu banyak dan berat maka teknik mesin masih lebih ringan. Teknik elektro yang isinya ada prodi teknik informatika yang katanya jurusan yang sulit ternyata itu bohong karena yang aku lihat mereka kayak gak ada tugas blas, wong isinya main dota terus. Dan untuk teknik PKK seperti boga dan busana maka tidak perlu ditanyakan lagi, tapi aku gak ngeremehin jurusan PKK lho, soalnya kalau dipikir-pikir lumayan sulit juga jika melihat mata kuliah yang mengharuskan bisa menjahit dan memasak, secara kan aku cowok jadi sulitnya jurusan PKK itu termasuk lumayan tapi dalam hal yang berbeda.
derita teknik sipil meme grumpy cat

Dan sekarang akan aku jelaskan lagi lebih dalam tentang jurusan Teknik sipil, di dalam jurusan teknik sipil di Fakultas Teknik UNNESitu terdapat 3 prodi yaitu Teknik Sipil murni, Pendidikan Teknik Bangunan, dan Arsitektur, kenapa ada arsitektur ? karena arsitektur masih sedikit mahasiswanya jadi belum bisa menjadi jurusan tersendiri.
Nah, aku itu masuk di prodi Pendidikan Teknik Bangunan, bukan teknik sipil murninya. Tapi jangan salah, meskipun prodinya kependidikan tapi ternyata lebih berat dan menyiksa dibanding teknik sipil murni. Dan untuk arsitektur cukup berat juga tapi tetap masih mendingan.
Kenapa Pendidikan Teknik bangunan (PTB) lebih berat dari prodi lainnya di jurusan teknik sipil ? Ya itu, karena kependidikan, jadi mahasiswa dituntut untuk mempelajari semuanya, baik itu perhitungan yang ada di Teknik sipil murni juga teknik gambar yang ada di arsitektur. Bisa dibilang PTB itu gabungan antara teknik sipil murni dengan teknik aritektur meskipun hanya dasar-dasarnya. Untuk masalah struktur dan perhitungan aku kira sama dengan teknik sipil murni sedangkan untuk gambar hanya sebatas pada desain dan gambar yang benar dan bagus saja, jadi tidak ada unsur seninya disini seperti teknik arsitektur.
Untuk prospek kerja prodi Pendidikan Teknik Bangunan aku akui memang cukup bagus, soalnya selain bisa menjadi guru, mahasiswa juga bisa turun kerja ke lapangan layaknya teknik sipil murni. Selain itu juga bisa menggambar bangunan menggunakan software Autocad dan sejenisnya layaknya arsitektur yang mana teknik sipil murni tidak bisa.
Nah sekarang akan aku jelaskan besarnya penderitaan dan kesusahan yang ada di jurusan teknik sipil umumnya dan prodi pendidikan teknik bangunan khususnya. Di PTB, saat minggu-minggu awal semester satu, alur kuliah berjalan lancar tidak ada tugas dan tekanan yang berarti, bisa dibilang kayak sekolah SMK biasa, kemudian mendekati tengah semester gejala tekanan sudah terlihat, yaitu dengan keluarnya tugas besar yang dikeluarkan para dosen secara bersamaan. Dulu itu tugasnya ada Menggambar Teknik, Mekanika Teknik 1, Konstruksi bangunan 1, dan beberapa tugas presentasi dan tugas kecil lainnya yang biasanya dari mata kuliah umum semacam pendidikan agama dan pendidikan pancasila.
Tapi namanya juga mahasiswa, meski ada banyak tugas tapi tetap saja malas ngerjain akhirnya di minggu-minggu akhir banyak mahasiswa yang tidak tidur untuk menyelesaikan tugas. Padahal ada sekitar tiga tugas besar yang tidak bisa selesai dalam semalam. Pokoknya itu salah satu saat paling melelahkan dan menyedihkan, apalagi melihat dosennya yang seperti gak ada nurani :v tapi untungnya semua mahasiswa bisa melewati semester satu dengan selamat.
Di semester dua, benar-benar bencana. Tugasnya sangat banyak pakai sekali, benar-benar penderitaan yang besar. Di semester ini ada empat tugas besar yang lumayan sulit dan juga membutuhkan waktu banyak untuk penyelesaiannya. Empat tugas besar itu adalah Komputer Grafis 1, Konstruksi Bangunan 2, Ilmu ukur tanah, dan Mekanika Teknik 2. Selain itu terdapat beberapa tugas kecil seperti presentasi dan makalah.
derita teknik sipil meme

Di mata kuliah komputer grafis satu sangat melelahkan, aku dan mayoritas mahasiswa lainnya yang berasal dari SMA dan SMK non bangunan dipaksa harus menyelesaikan gambar gedung lantai 2 dengan aplikasi Autocad. Hey, aku kan masih polosan, baru kenal yang namanya Autocad, ini kok malah disuruh nggambar gedung 2 lantai. Sudah gitu materi pelajarannya hanya dasar, tidak ada arahan bagaimana membuat denah yang benar dengan autocad, mahasiswa disuruh untuk mandiri. Akhirnya lihat sendiri, aku dapat nilai CD :v artinya harus mengulang.
Belum lagi Ilmu ukur tanah, mahasiswa PTB harus mengukur jalan sepanjang sekitar 1km di bawah terik matahari. Belum juga mengolah datanya yang banyak, namun untung aku satu kelompok dengan orang yang pintar, intinya lumayan ringanlah meskipun masih terbilang berat. Di mata kuliah bencana ini telah menelan korban satu mahasiswa, yaitu temanku yang pertama kali ku kenal di facebook. Karena tidak kuat akhirnya dia keluar kuliah, entah berhenti atau pindah jurusan gak tahu. Beberapa kali pernah chattingan sih, tapi lupa tanya. Aku sendiri bersyukur bisa selamat dan lulus dari mata kuliah ini setelah menumpuk laporan setebal 3 cm.
Untuk tugas mekanika teknik 2 menurutku tidak terlalu berat, hanya saja merasa malu karena aku salah satu yang telat mengerjakan tugas. Alhasil yang lain sedang duduk duduk, aku malah sibuk ngerjain tugas. Dan berakhir dengan sukses mengumpulkan tugas 2 menit sebelum ‘dead’line.
Dan untuk tugas yang terakhir yakni konstruksi bangunan 2 benar-benar menyiksa. Salahku sih menyia-nyiakan 2 hari setelah minggu terakhir, jadinya aku harus ngerjain tugas selama dua hari berturut-turut-turut tanpa tidur untuk mengejar dateline. Alhamdulillah tugas tepat waktu, tapi tiba-tiba ada pengumuman lewat grup BBM yang isinya bahwa dateline diundur sampi hari senin. Terdengar sedikit retak hati ini mendengarnya, rasa-rasanya perjuanganku selama dua hari yang tanpa tidur tidak berarti, terhianati. Tapi aku coba lihat dari sisi yang lain, ternyata banyak temanku yang belum pada selesai, jadi aku ini salah satu yang sudah terbebas dari tugas. Dan akhirnya giliran aku yang main-main sedangkan mereka bersusah payah mengerjakan tugas. Zehahahaha…
Huh, kalau teringat masa-masa itu rasa-rasanya pengin muntah, najis bagiku untuk merasakan penderitaan seperti itu lagi. Kengerian semester dua ternyata benar-benar parah, kata temanku, ternyata teman satu kelompokku saat tugas ilmu ukur tanah sampai nangis mengenai tugasnya yang banyak dan susah, padahal dia salah satu yang paling pintar di rombel PTB.
Halah, mbuhlah, yang penting sekarang sudah bebas, sekarang yang perlu dilakukan hanyalah bersiap untuk menghadapi penderitaan dan kelelahan di semester-semester kedepannya.





(Sumber:https://indepresi.com/teknik-sipil-jurusan-kuliah-paling-sulit-dan-melelahkan/)

Komentar

  1. penulisan abal², blog gak jelas, lebay, pake menghina jurusan lain segala

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar itu bro, akupun sebagai mahasiswa teknik sipil juga merasakan yg sama : 1

      Hapus
  2. Jurusan teknik informatika, sistem informasi, teknik elektro semua jurusan yg berhubungan DG pembuatan program mending jgn ambil jurusan ini, karena jika agan ambil maka agan akan stress, kurus ,dan akhirnya mati ,karena di jurusan ini agan akan dapat projek besar Dari dosen suruh buat program, jika logika agan tdk jalan maka yg ada error trs programnya dan otomatis nilai tugas projek besar agan akan hancur, dan apabila agan bekerja di bidang pembuatan aplikasi, projek besar Dari bos tdk selesai maka agan akan di marahi bos perusahaan, saran ane mending ambil jurusan pendidikan /jurusan kesehatan di samping kuliahnya mudah ,kerjanya pun mudah, Dari pada jurusan yg berhubungan DG pembuatan aplikasi /robot agan bisa stress ,kurus, sakit dan akhirnya MATI.

    BalasHapus
  3. wah jd ada referensi dan persiapan mental , karena mau masuk jurusan teknik sipil ; tapi bukannya bimbang jd tertantang ; aneh hahaha ; btw makasih buat informasi dan referensinya ya bg , ngakak juga sih pas bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, rasanya malah pengen nyobain langsung wkwk

      Hapus
  4. Untuk maba semester pertama apa tugas banyak juga?

    BalasHapus
  5. Dulu sya smpat kuliah jurusan teknik sipl..gak kuat, stres smp kurus ambil kputusan out...trus sya malah ambl jurusan ilmu pokitik. Gk nyambung kan heheheh..tp sya sngat menikmati n lulus memuaskn

    BalasHapus
  6. Wah, ceritanya menarik ni gan, yg pastinya kuliah dijurusan teknik itu ada kenangannya tersendiri dibalik kelulusan, ada perjuangan yg besar didalamnya hahaha. Meskipun begitu tingkat kesusahan dari jurusan itu sebenarnya relatif tergantung pribadi masing2. Abg saya dlu di arsitektur itb juga pernah ga tidur hampir 3 hari krna bikin tugas. Dan slalu bergadang tiap harinya untuk buat desain2 apa aku juga ga ngerti. Aku sendiri juga lgi berjuang di jurusan teknik kimia, udh semster 5, yg pastinya udh sering banget bergadang mengerjakan laporan, revisi, tugas, dll belum lgi bagi waktu antara kuliah ama organisasi πŸ˜‚. Siip la smoga sukses buat penulis yg uda membagikan cerita nya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pngn konfirmasi. udah semester 6 sbnarnyaπŸ˜‚, krna covid jdi mala lupa ama semester sendiri πŸ˜…

      Hapus
    2. Tapi gaji teknik sipil ini gede bgt ya kyak om ku, sesuai aja si sama perjuangan kuliah dlu

      Hapus
  7. Waah d laut banget.
    Aku yang jurusannya bisa dibilang mudah aja sering ngeluh ternyata ada yg lebih dari aku

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Kuliah Di UNISSULA

Jurusan Teknik Sipil Belajarnya Apa Aja Sih? Ini Jawabannya